Thursday, November 19, 2015

TARI KREASI

Standard
           Tari kreasi adalah tari yang tidak memiliki aturan tertentu baik gerak, ataupun aspek lainnya yang terdapat di dalam tarian trersebut. Tari kreasi dibagi atas tiga, tari kreasi daeerah/tradisional, tari kreasi modern, dan tari kontemporer. Tari kreasi daerah/tradisonal adalah tari yang mengalami perubahan dari tari tradisi baik bentuk gerak ataupun aspek lainnya tetapi tetap dalam konteks ciri khas dari daerah tersebut. Tari kreasi modern adalah tari yang tidak memiliki aturan tertentu baik dalam bentuk gerak ataupun aspek lainnya. Tari kontemporer adalah tarian yang dibuat berdasarkan isu yang beredar pada waktu tertentu. Misalnya pada masa musibah tsunami, kemudian dibentuk tarian tentang tsunami.
           Masuknya pengaruh global memiliki dampak negativ dan positif terhadap perkembangan tari di Indonesia. Dari sisi negativ, pengaruh ini dapat kita lihat bahwa kurangnya minat generasi muda terhadap tari tradisi. seperti yang kita ketahui bahwa beberapa anggapan dari bpara generasi muda merasa bahwa tari tradisional adalah kampunga dan ketinggalan. hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan informasi yang didapatkan oleh generasi muda mengenai tari tradisi. Dari segi positif, kita bisa lebih mengetahui bagaimana perkembangan dunia agar kita dapat membuat suatu perubahan terhadap kesenian tradisi kita seperti tari kreasi tradisi. Jika kita lihat dari segi kretifitas, kita dapat mengkemas tari tradisi menjadi tari kreasi tradisi dengan cara menggabungkan kedua genre tari yang berbeda tetapi masih tetap dalam ciri khas daerah yang tariannya ingin diangkat. misalnya kita combain antara gerak Tor tor Batak Toba dengan gerak tari Hip Hop. Begitu juga dengan musik pengiringnya, kita kemas musik Hip Hop tetapi tetap memiliki aransmen musik Batak Toba. 
            Salah satu wujud nyata dari tari kreasi tradisional adalah tari Zapin yang berkembang pada saat ini. Sebagaimana yang diketahui tari Zapin adalah tari yang berasalo dari bangsa Arab yang dicombain dengan gerakan tari Melayu sehingga menjadi wujud yang lebih menarik. Zapin pada zaman dulu berbeda dengan saat ini. pada zaman sekarang, tari Zapin banyak memiliki perubahan, misalnya pada gerak lebih energic, memiliki gerak yang dinamik dan tetap mengadopsi gerakan dari gerak tari Arab dan juga gerak tari India, tidak hanya pada gerak, ini juga terjadi pada musik pengiring tari Zapin dan juga kostum yang digunakan.
             Tari kreasi modern sudah sangat banyak kita jumpai baik di luar ataupun dalam negeri. Salah satu contoh tari kreasi modern adalah street dance dan tari Hip Hop. Dua jenis tarian ini  adalah jenis tari yang paling banyak diminati oleh anak zaman sekarang. Gereakannya yang dibentuk dengan berbagai macam design gerak seperti design stakato yang paling banyak kita jumpai pada jenis tarian ini. Selain design stakato, banyak terdapat unsur akrobatik di dalam tarian ini. Untuk menguasai tarian ini, perlu latihan yang rutin dan juga harus terus mengalami perubahan dan perkembangan gerak agar tidak ketinggalan. Jenis tarian ini mengandung unsur kelenturan, kekuatan dan keseimbangan karena sering terdapat gerakan-gerakan yang tidak semua orang bisa melakukannya seperti gerakan hand stand.
            Tari Kontemporer adalah tarian yang memiliki tema tertentu, gerakannya bebas tergantung koreografer bagaimana ingin membuatnya sesuai dengan tema yang telah ditetapkan oleh koreografer. Tari Kontemporer ada yang diangkat dari unsur tradisi tetapi tetap dipadukan dengan unsur-unsur gerak lain dan design-design tari sehingga tari kontemporer lebih dikemas secara menarik. Ada juga tari kontemporer yang memiliki gerakan bebas sama sekali tidak ingin mengandung unsur tradisi bahkan mungkin memadukan beberapa jenis gerak tari yang berasal dari luar negeri tetapi tetap diditrilisasi sehingga menjadi bentuk tari yang lebih menarik. 

1 comment: