Thursday, November 19, 2015

PENGERTIAN TARI DAERAH

Standard
         Secara umum, pengertian tari adalah ekspresi jiwa manusia yang dituangkan melalui gerak kemudian dibentuk dengan proses distirilisasi sehingga menjadi sebuah gerak yang ritmis dan memiliki harmonisasi. Berdasarkan fungsinya, tari dibagi atas tari upacara, tari pertunjukan dan tari hiburan. 

  1. Tari upacara adalah tari yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara manusia dengan yang mereka anggap sebagai Tuhan. 
  2. Tari pertunjukan adalah tari yang berfungsi sebagai media pertunjukan yang biasanya dilakukan di tempat tertentu seperti gedung pertunjukan ataupun pentas pertunjukan.
  3. Tari hiburan adalah tari yang berfungsi sebagai media hiburan seperti yang biasa kita lihat di media-media elektronik ataupun di acara-acara pesta dan acara lainnya. 
       Dewasa ini terdapat perubahan fungsi pada beberapa tarian, salah satunya adalah tarian yang berasal dari daerah Simalungun, Sumatera Utara. Tarian ini adalah Tor tor Somba Panisumba. Tor-tor Somba Panisumba adalah salah satu tari yang berfungsi sebagai tari Upacara yang digunakan masyarakat Simalungun pada zaman dimana mereka masih menganut kepercayaan animisme dan dinamisme. Tarian ini digunakan untuk memohon kepada "DEBATA" dalam upacara penyembuhan penyakit. Seiring dengan perkembangan zaman, tarian ini berubah menjadi tari pertunjukan. Masyarakat Simalungun telah mengenal sistem kepercyaan dan juga pengobatan modern, jadi untuk tetap menjaga kelestarian tarian ini yang merupakan warisan budaya, maka para seniman dan budayawan mengkemas tarian ini menjadi sebuah tari pertunjukan.
         Berdasarkan jenisnya, tari dibagi atas tari daerah (tradisisonal) dan tari kreasi.
Tari daerah/tradisional adalah tarian yang memiliki gerak tertentu yang diikat oleh tatanan budaya setempat baik secara etika dan estetika yang menggambarkan ciri khas dari masyarakat suatu daerah. Ciri khas itu bisa kita lihat misalnya, mulai dari aktivitas masyrakat, letak geografis suatu daerah bahkan watak dari masyarakat daerah tersebut serta adat istiadatnya bisa tergambarkan dalam suatu tarian. Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan etnis, budaya dan juga adat istiadat. Setiap etnis mulai dari Sabang hingga Merauke memiliki tari daerah masing-masing.

0 comments:

Post a Comment